6 Propemperda 2020 Jadi Prioritas Bapemperda DPRD Kota Batam

0
26
Suasana rapat paripurna DPRD Kota Batam. foto (ist)

BATAM, ACIKEPRI.com – DPRD Kota Batam menggelar Paripurna Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD atas penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Batam Tahun 2020 sekaligus pengambilan keputusan.

Paripurna tersebut juga disejalankan dengan penetapan kembali Panitia khusus (Pansus) pembahasan Ranperda Perkampungan Tua dan Penetapan kembali Pansus Pembahasan Ranperda Perubahan Peraturan daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam 2016-2021, di Ruang Sidang Utama DPRD Batam, pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Ketua Bapemperda, Jefri Simanjuntak, menjelaskan, terdapat 22 usulan Propemperda. Rinciannya 17 usulan dari Pemko Batam dan 5 usulan dari DPRD Kota Batam.

Penyusunan Propemperda DPRD Kota Batam Tahun 2020 itu merupakan implementasi dari beberapa amanat peraturan perundang-undangan.

“Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014, UU Nomor 12 Tahun 2011, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015,” kata Jefri.

Dikatakan Jefri, mekanisme pembahasan Propemperda itu telah disusun dengan berbagai alasan dan pertimbangan baik yang telah dievaluasi.

” Untuk tahun 2020 mendatang hanya 6 Propemperda yang menjadi prioritas,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat ditemui oleh Media usai mengikuti jalannya Rapat Paripurna.

Amsakar menyebut, idak ada masalah mengenai hal ini, karena rata-rata di bulan 7 atau 8 biasanya kita melakukan perubahan atas Perda tentang APBD Kota Batam, disitulah nantinya kita akan melakukan penyesuaiannya.

Turut hadir dalam Paripurna tersebut,
Sekda Kota Batam Jefridin, para Anggota DPRD Kota Batam, para Instansi Vertikal Kota Batam, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam Nyat Kadir, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para tamu undangan lainnya.(gk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.