Di Natuna, Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah

0
61
Presiden Joko Widodo sampaikan kata sambutan. foto (ist)

NATUNA, ACIKEPRI.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan
kerja (Kunker) di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (8/1/2020).

Joko Widodo mengatakan di Natuna ini ada 41 ribu bidang tanah yang harus diberikan sertifikat.

“Sampai saat ini baru 26 ribu bidang yang di berikan, masih ada 15 ribu yang akan di berikan kepada masyarakat kedepannya,” ujar Jokowi saat menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat, di Kantor Bupati Natuna, Ranai, pada Rabu (8/1/2020) siang.

Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Natuna. foto (ist)

Menurut Jokowi, masyarakat harus merasa bersukur karena  sudah memegang sertifikat, karena ini adalah bukti tanda hak hukum atas tanah yang dimilik. Selain itu, tujuan memberikan sertifikat ini supaya semua tahu bahwa Natuna ini adalah tanah air Indonesia.

“Jadi secara defacto dan dejure Natuna adalah Indonesia. Jangan sampai sertifikat ini di jadikan sebagai jaminan pinjaman buat beli sepeda motor atau mobil. Kalau untuk usaha boleh , sudah banyak yang terjadi seperti itu ,ujung ujungnya sertifikat ditahan dan kendaraan nya di tahan juga oleh pihak bank” tutupnya.

Presiden Joko Widodo Bersama Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal. foto (ist)

Sementara itu Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal mengatakan penyerahan sertifikat tanah ini adalah program dari bapak presiden untuk masyarakat agar mempunyai kepastian hukum tentang kepemilikan tanah.

“Saya berharap sertifikat yang bapak terima itu dapat digunakan dengan baik dan kalau dapat sampai turun temurun, maksutnya jangan di jual , karena susah payah bapak presiden menyiapkan sertifikat itu untuk bapak yang mempunyai tanah dasar hukum tersebut” ujarnya.

Hal ini juga ditekankan oleh Wakil Menteri ATR dan BPN. Wamen menyampaikan sertifikat ini adalah pengakuan negara paling kuat yang dijamin oleh undang-undang untuk kepemilikan terhadap tanah

“Selamat kepada bapak ibu yg telah menerima. Ini cuman perwakilan dari 41.628 bidang di seluruh Kabupaten Natuna, yang sudah tercatat baru 26.797, kira kira baru 60% yg sudah tercatat, yang 40% sekitar 14.831 itu belum, karena sebagian belum jelas pembagian warisan dan persoalan lainnya,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo Bersama Masyarakat Natuna. foto (ist)

Wanen berharap, agar dapat datang kembali ke Natuna untuk menyelesaikan kekuranganya.

“Tunggu angin sudah mulai reda saya akan kembali lagi di sini, paling bentar 3 hari saya di sini, saya mau datangi pulau-pulau terjauh, termasuk desa desa ibu bapak ,kami akan siapkan sertifikat yangg jadi hak ibu bapak,” janjinya.

Lanjutnya, Natuna ini salah satu daerah yang sangat kaya sumber alamnya , rakyatnya berhak dapatkan sesuatu dari hal tersebut.

“Kita perlu kerja sama ,kita siapkan strategi strategi yang lebih strategis kedepan bagaimana kita harus bangun kabupaten Natuna ini” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Kepri Isdianto, ketua DPRD Natuna Andes Putra beserta anggota, wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, SEKDA Natuna Wan Siswandi, para asisten, para OPD, Porkompinda, tokoh Masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan pelaku usaha di Natuna.

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.