PGI Sampaikan Sulitnya Pembangunan Suatu Gereja di Daerah

0
83

JAKARTA, ACIKEPRI.com – Persekutuan Gereja- gereja Indonesia (PGI) menemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dalam pertemuan itu, Ketua PGI Pendeta Gomar Gultom sempat menyampaikan sulitnya membangun gereja di beberapa daerah.

“Banyaknya gereja-gereja yang sulit beribadah, izin mendirikan gereja di beberapa tempat masih sulit. Dan juga ada kekhawatiran terjadi balas membalas di daerah-daerah lain,” kata Gultom.

Gomar Gultom juga sempat membahas kasus GKI Yasmin Bogor dan Gereja HKBP Filadelfia Bekasi yang dilarang melaksanakan ibadah oleh masyarakat setempat.

Ia menegaskan pada Menko Polhukam Mahfud MD, dua gereja itu sudah memiliki izin untuk menjalankan ibadah di tempat tersebut.

“Oleh karenanya negara tidak boleh kalah terhadap pemaksaan dari kelompok sekehendak kelompok masyarakat tetapi pada saat sama negara dan gereja harus berdialog dengan masyarakat disekitarnya,” ujar Gomar.

“Negara bersama Wali Kota harus mampu menyelesaikan dengan bijak ya, itu yang tadi dibicarakan,” tuturnya.

Selain itu, Gultom membahas kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo harus mengambil aksi nyata untuk mengatasi pelanggaran HAM di wilayah tersebut.

“Jadi kalau boleh, apa yang disebut oleh presiden jokowi sebagai pendekatan kultural itu sungguh-sungguh diterapkan di dalam kenyataan,” ucap Gultom.(Kompas)

(SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.