Puan Maharani Perempuan Pertama Yang Menjabat Ketua DPR-RI

0
127

 

Jakarta Acikepri.com, Puan Maharani resmi menjabat Ketua DPR-RI 2019-2024. Puan adalah putri dari Megawati, Presiden RI ke 5.

Mengutip dari Wikipedia, Puan memiliki nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala, lahir di Jakarta, 6 September 1973.

Dia resmi menjadi Ketua DPR sejak Selasa 1 Oktober 2019 mewakili PDIP. Puan juga merupakan perempuan pertama di Indonesia yang menduduki jabatan sebagai Ketua DPR.

Selain Puan, tiga unsur pimpinan lainnya adalah Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Putri proklamator RI Ir Sukarno ini, semasa kabinet kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi periode 2014-2019, dia ditunjuk jadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau PMK.

Pada pemilu 2019 lalu, Puan terpilih menjadi Anggota DPR RI dengan suara terbanyak, yakni 404.034 suara di Dapil Jawa Tengah V (Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukaharjo, dan Kota Solo).

Dilansir Tribun Jabar dari Tribun Medan, Puan merupakan istri dari Hapsoro Sukmonohadi atau karib disapa Happy Hapsoro. Hapsoro Sukmonohadi sendiri diketahui merupakan seorang pengusaha sukses.

Putri Fatmawati, Pahlawan Nasional dari Bengkulu

Puan merupakan anak dari Megawati dan Taufik Kiemas. Megawati sendiri seperti diketahui, merupakan putri dari Fatmawati, istri Presiden RI pertama Ir Soekarno yang berdarah Bengkulu. Fatmawati juga merupakan pejuang penjahit bendera pusaka merah putih yang dikibarkan dalam proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Fatmawati yang bernama asli Fatimah merupakan putri dari pasangan Hasan Din dan Siti Chadijah yang menjadi Ibu Negara Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga tahun 1967 dan merupakan istri ke-3 dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Fatmawati lahir pada 5 Februari 1923 dan wafat pada 14 Mei 1980. Dia dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Dari  Fatmawati, lahirlah 5 keturunan Soekarno, yakni Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guntur dan Guruh.

sumber: Bengkulutoday.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.