oleh

Sekda Kepri: Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Terpilih Dilaksanakan Virtual

-Kepri-634 views

Tanjungpinang – Sekeratris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah memastikan bahwa Pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih masa Jabatan 2021-2024 dilaksanakan secara virtual. Pelantikan itu oleh Penjabat Gubernur Kepulalaun Riau, untuk Kabupaten Bintan, Lingga dan Kepulauan Anambas.

“Sampai saat ini belum ada perubahan terkait pelantikan, tetap dilakukan secara virtual dan memperhatikan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah undangan yang hadir yaitu hanya 25 orang,” kata Arif saat memimpin Rapat Persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Bupati dan Wakil Bupati Bintan dan Bupati dan Wakil Bupati Lingga Masa Jabatan 2021-2024 secara Virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin, 22 Februari 2021 kemarin.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Juramadi Esram, Staf Ahli Gubernur Mariyani Ekowati, Kepala Dinas PMD dan Catatan Sipil sardison, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri, kepala Satpol PP Teddy Mar, Kepala Biro Kesra Aiyub, Plt. Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung Zulkifli, Perwakilan LAM serta Tim Satgas Covid.

Menurut Arif, pelantikan akan dilakukan secara virtual karena telah ada surat edaran dari Mendagri bahwa pada masa pandemi ini untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penularan Covid-19.

Untuk kelengkapan administasi pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih saat ini, ungkap Arif baru Kabupaten Bintan dan Anambas yang telah lengkap selanjutnya tinggal menunggu proses di Kemendagri untuk Kabupatren Lingga.

“Kita berharap agar untuk SK pelantikan untuk Bupati/Wakil Bupati Lingga, bisa terkejar sehingga rencana pada Jum’at (26/02) nanti bisa dilantik secara bersamaan oleh Pj. Gubernur Kepulauan Riau,” harap Arif.

Arif menjelaskan bahwa untuk teknis pelantikan nantinya adalah Pj. Gubernur Kepulauan yang melantik dari Gedung Daerah Tanjungpinang, sementara Bupati /Wakil Bupati yang akan dilantik akan berada di Pusat Pemerintahan masing-masing.

“Nanti menggunakan LED dari Gedung Daerah, Pj. Akan melantik secara virtual. Begitu juga Bupati/Wakil Bupati yang akan dilantik juga hadir secara virtual dan menggunakan pakaian lengkap dengan segala macam atributnya. Untuk teknisnya akan kita akan laksanakan Gladi Kotor pada Selasa (23/02) dan Gladi Bersih pada Kamis (25/02). Harap semua Plh. Bupati hadir,” ajaknya.

Kepada para Plh. Bupati, Arif mengingatkan bahwa dengan pelantikan pada era baru menggunakan Virtual karena pandemi Covid-19, maka yang patut menjadi perhatian dalam pelantikan nanti adalah ketersediaan dan ketahanan pasokan listrik serta kekuatan signal untuk perangkat video conference.

“Listrik dan sinyal, ini dua problem yang akan kita hadapi jika melakukan pelantikan secara virtual. Oleh karena itu bagi Kabupaten yang bermasalah dengan kedua hal tersebut, segera informasikan agar dicarikan solusinya,” jelas Arif.

Sementara itu dari pernyataan yang disampaikan oleh Plh. Bupati Bintan Andi Prihantara, Plh. Bupati Lingga Syamsudi serta Plh. Bupati Kepulauan Anambas Syahtiar bahwa pada prinsipnya mereka mengikuti apa petunjuk dan arahan teknis sesuai dengan perintah Kementerian Dalam Negeri.

“Pemkab Lingga siap dengan semua persiapan teknis dan siap mengikuti arahan. Kami hanya berharap agar, pemerintah Provinsi agar terus memantau berkas pelantikan agar bisa segara ditandatangani Mendagri sehingga bisa dilantik secara bersamaan pada akhir Februari ini,” pinta Syamsudi.(humaspemprovkepri/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed