oleh

Polda Kepri Siap Amankan Kejurnas Road Bike Tahun 2024 dan Mountain Bike di Batam

Batam – Persiapkan Kejuaraan Nasional Road Bike Tahun 2024 dan Mountain Bike yang akan digelar di Batam, Polda Kepri bersama instansi terkait melaksanakan Rapat Koordinasi Pengamanan (Rakorpam) Kejuaraan Nasional Road Bike Tahun 2024 dan Mountain Bike di Hotel Batam View.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Kepri, Pejabat Utama Polresta Barelang, perwakilan BMKG, perwakilan Indonesian Cycling Federation, perwakilan Dishub Kota Batam, perwakilan Dinas Kesehatan, serta para panitia yang terlibat, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan Kejuaraan Nasional Road Bike Tahun 2024 dan Mountain Bike, yang akan digelar pada hari Kamis, 20 Juni 2024 di venue Nongsa Loops, dapat berjalan lancar.

Acara ini berfungsi sebagai ajang persiapan bagi atlet-atlet balap sepeda menjelang Pekan Olahraga Nasional Ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 109 peserta dari 14 provinsi akan berkompetisi dalam ajang ini. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai seleksi atlet untuk menghadapi berbagai multi-event internasional seperti Asian Games, SEA Games, dan Olimpiade.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, akan diadakan “Welcome Dinner” pada tanggal 19 Juni 2024 untuk menyambut peserta Kejurnas ISSI 2024, di mana mereka akan makan malam bersama Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Kejuaraan Nasional Road Bike Tahun 2024 dan Mountain Bike akan dimulai pada tanggal 20 Juni 2024 dengan Road Race di venue Nongsa Loops.

Pada hari pertama, akan dipertandingkan nomor balap sepeda Individual Time Trial dengan jarak 6 km, 12 km, dan 24 km, serta Criterium untuk kategori wanita dan pria.

Selanjutnya, pada tanggal 21 Juni 2024, di venue Nongsa, Jl. Hang Lekiu-Jl. Hang Jebat, akan digelar Individual Team Trial dengan jarak 6 km, 12 km, 24 km, dan 36 km. Pada tanggal 22 Juni 2024, di lokasi yang sama, akan berlangsung Individual Road Race dengan jarak 12 km, 24 km, 36 km, 60 km, dan 96 km.

Kemudian, pada tanggal 23 Juni 2024, acara akan berlanjut dengan Individual Road Race dengan jarak 70 km dan 140 km. Terakhir, dari tanggal 26 hingga 30 Juni 2024, akan diadakan perlombaan Mountain Bike (MTB) di venue Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk, yang akan mempertandingkan nomor-nomor Cross Country Olympics, Cross Country Relay, Downhill, dan Enduro.

Lebih lanjut, kegiatan ini akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Ketua Umum PB ISSI sekaligus Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Senior Vice President Asian Cycling Federation (ACC) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, serta Walikota Batam/Kepala BP Batam yang juga Ketua Umum Pengprov ISSI Kepulauan Riau, Muhammad Rudi Harahap.

Kabagops Polresta Barelang Kompol Zainal Abidin Christopher Tamba, S.H., menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan gladi di 33 titik.

Di 33 titik tersebut, 18 titik akan dipasang perangkat pemantauan yang nantinya akan dimonitor secara langsung melalui aplikasi Zoom di pos pemantauan.

Untuk sarana pendukung, disiapkan 33 perangkat HT dan 33 personel yang akan memegang HT tersebut. Pada tanggal 20 Juni, akan disiapkan 112 personel, 110 personel pada hari Jumat, 21 Juni, 115 personel pada hari Sabtu, dan 182 personel pada hari Minggu, sehingga total keseluruhan personel yang akan dikerahkan berjumlah 519 personel.

Kemudian guna mendukung pelaksanaan event ini Dirlantas Polda kepri, Kombes Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa pihak Ditlantas Polda Kepri akan melaksanakan berbagai kegiatan pengaturan lalu lintas guna menjamin keselamatan dan kesuksesan acara yang akan berlangsung.

Ia juga menegaskan bahwa pengamanan dan pengaturan lalu lintas merupakan aspek penting dalam memastikan kelancaran jalannya kegiatan.

Lebih lanjut, dia juga berkomitmen untuk mengerahkan seluruh sumber daya yang diperlukan, termasuk personel yang terlatih dan teknologi pemantauan terkini, untuk menjaga agar event ini berjalan dengan aman dan tertib.

Selain itu, ia berharap koordinasi yang baik antara semua pihak terkait dapat memberikan hasil yang optimal, sehingga Kejuaraan Nasional Road Bike Tahun 2024 dapat tersenggalara dengan baik dan sukses. (An)

Editor: Sar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.