Pemkab Natuna Akan Terapkan Pembayaran Taping Box di Setiap Pelaku Usaha

0
358

NATUNA, ACIKEPRI.com – Pemerintah Kabupaten Natuna bekerjasama dengan Bank Riau Kepri akan menerapkan sistem pembayaran Taping Box di setiap pelaku usah di Kabupaten Natuna.

“Alat itu bisa merekam transaksi, yang mana pemerintah akan tahu berapa transaksi dalam sehari,” ujar Kepala Bidang (Kabid) PPR Natuna, Wan Andriko saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Januari 2020.

Andriko mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan sosialisasi dan survei ke setiap pelaku usaha yakni, usaha rumah makan, restoran, hotel, dan tempat hiburan.

Andriko menuturkan, hal ini dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Natuna khususnya di sektor pajak.

“Setelah sosialisasi dan survei akan langsung kita terapkan,” ujar Andriko atau biasa disapa Eko.

Andriko berharap, dengan diterapkannya sistem ini PAD Kabupaten Natuna naik, dan untuk pelaku usaha diharapkan lebih sadar akan pajak, karena pajak untuk pembangunan Natuna.

Menurut data Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Natuna  di tahun 2019. BP2RD mencatat pada sektor pajak daerah dari pajak hotel terealisasi  sebesar 183.556.671 atau 167 persen.

Sedangkan pajak restoran atau rumah makan dari target pajak terealisasi sebesar 3.270.983.075 atau 114 persen.

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.