BP Batam dan Pelindo II Akan Berlakukan Tarif Hendling Peti Kemas di Pelabuhan

0
121

BATAM, ACIKEPRI.com – Wakil Ketua BP Batam, Purwiyanto berharap, kerja sama pengembangan Pelabuhan Batu Ampar antara BP Batam dan Pelindo II mampu mengoptimalkan pelayanan.

“Mulai dari dermaga utara sampai dermaga selatan saat ini belum maksimal,” kata Purwiyanto saat konferensi pers, di Marketing centre BP Batam, pada Rabu, 12 Februari 2020

Menurut Purwiyanto, perjanjian kerjasama antara BP Batam dengan Pelindo II dijajakan sudah lama, namun pada Januari 2020 lalu sudah disepakati perihal penyiapan kerjasama pengoperasian dan pengembangan pelabuhan Batu Ampar.

Dikatakannya, bahwa Badan Usaha Pelabuhan (BUP) akan memberlakukan tarif handling peti kemas untuk mengembangkan pelabuhan Batu Ampar Batam.

Anggota Bidang Pengusahaan, Syaril mengatakan, bahwa informasi simpang siur perihal perbaikan Pelabuhan Batu Ampar sudah tuntas persetujuannya.

Syahril berharap, pelabuhan tersebut mampu menjadi pusat logistik di Batam. Jika dibandingkan Spore 47 juta teus (konteiner), jauh dengan kita 400 ribu teus per tahun.

“Oleh sebab itu secara bertahap akan dibenahi dan akan menaikkan dan mengoptimalkan kegiatan di Pelabuhan Batu Ampar,” tuturnya.

Sementara itu, Dirut PT Pelindo II, Elvyn Magsaysay menjelaskan, bahwa Pelindo adalah operator pelabuhan (terminal operator) di Indonesia.

“Biaya investasi sekitar 400 Milyar Rupiah, bekerjasama dengan Pelindo I, Wijaya Karya, Persero Batam dan BP Batam.”

Ia pun berharap, bisa menaikkan ekspektasi yang mana sebelumnya 300 hingga 400 ribu teus, bisa menjadi 800 ribu teus (konteiner).

“Diharapkan kapal-kapal besar bisa sandar di pelabuhan.”

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.