Bupati Bintan Terima Penghargaan IGA 2020 dari Mendagri

0
40

Jakarta – Apri Sujadi baru saja memenangkan perolehan suara pada Pilkada 2020 Kabupaten Bintan. Kini, Bupati Bintan tersebut pun menjadi juara di tingkat nasional.

Pemerintah Kabupaten Bintan menerima penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) tahun 2020, untuk kategori daerah perbatasan terinovatif se-Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi, pada malam puncak IGA, di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat, 18 Desember 2020.

Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutan pada acara penghargaan tersebut mengatakan, IGA merupakan salah satu upaya untuk mendorong agar pemda se-Indonesia, semakin berinovasi tinggi dalam mengelola pemerintahan.

“Dengan demikian, publik semakin dilayani dengan tepat dan efisien oleh pemda. Dalam masa otda (otonomi daerah), sudah sewajarnya bahwa inovasi merupakan kata kunci penting bagi pemda,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mendagri berpesan agar dalam menggelar pemerintahan, pemda selalu terampil dalam mengharmonisasikan bauran antara garis kebijakan pemerintah pusat, dengan inisiatif daerah. Dengan demikian, efek dari inisiatif daerah, akan selalu selaras dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Dalam inovasinya, sudah tentu pemda pun harus memerhatikan harmonisasi tersebut,” tegasnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menuturkan, Kabupaten Bintan terpilih sebagai daerah terinovatif setelah bersaing dengan sekitar 542 Pemda se-Indonesia. Ada sekitar 17.779 inovasi pemda yang bersaing mendapatkan penghargaan tersebut.

Ia juga menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan IGA 2020 ini, karena proses penilaian dilakukan secara objektif, independen, dan dengan melibatkan banyak tim penilai dari berbagai instansi, akademisi, dan tokoh atau pakar inovasi daerah.

“Tentunya kita akan selalu berinovasi, untuk kemajuan Kabupaten Bintan ke depannya. Alhamdulillah, dari beberapa inovasi seperti kesehatan dan pendidikan gratis, tahun 2020 ini, Kabupaten Bintan mampu mendapatkan penghargaan sebagai daerah perbatasan terinovativ di Indonesia,” tutupnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.