Cerita Hamid Rizal Dari Pembuat Amplop Hingga Jadi Bupati

0
96
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat menyampaikan sambutan. foto (ist)

Natuna – Menjadi CPNS pernah dialami Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal tamatan D3 APDN Pekanbaru 1975 itu.

Lulus CPNS tahun 1977 pada bulan Maret dan menerima SK CPNS bulan April, Hamid ditugaskan di Kecamatan Kundur, Karimun sebagai staf biasa.

Ada cerita saat menjabat, Hamid bercerita bahwa dirinya disuruh membuat surat dan amplop oleh Camat Kundur yang ketika itu masih Kepala Kecamatan.

Hamid yang merupakan lulusan APDN pun menyebutkan kepada para CPNS Natuna yang diserahkan olehnya untuk tidak gengsi walaupun kita sudah sarjana.

“Jangan gengsi disuruh atasan, gak tahu buat amplop saat itu, fikir saya saat itu, bikin saja, saya dapat ilmu,” ungkap Hamid di Gedung Wanita, Kamis, 14 Januari 2021.

Ketika membuat amplop, Hamid berujar, ia ambil surat yang lama sebagai contoh. Suratnya begini, isinya begini, dijadikan contoh. Dengan contoh surat itu diolah kembali.

Jangan lupa, kata Hamid, selera pimpinan berbeda, pimpinan dalam membaca surat harus singkat, padat, dan jelas.

Setelah setahun CPNS, Hamid pun resmi menerimanya SK PNS.

Dikatakan Hamid saat menjadi PNS yang terpenting dan sangat sulit adalah ikhlas.

PNS di Bintan Selatan, Hamid menceritakan, dirinya ikut tes Institut Ilmu Pemerintahan. Dari 50 peserta 9 orang dinyatakan lulus.

Hamid yang saat itu masih junior harus merelakan kelulusannya. Kerena jatah keberangkatan hanya 8 orang. Karena masih junior dirinya harus mengalah kepada para seniornya tersebut. “Saya ikhlas,” ucap Hamid.

Tiba-tiba saat keberangkatan ada salah satu dari 8 orang tak ingin berangkat dengan alasan tahun depan saja. Hamid ketika itu lansung dihubungi dan ia bergegas untuk berangkat ke Jakarta.

“Apa yang ada kita harus terima, ikhlas, insyaallah ada rezeki,” ujar Hamid.

Kuliah di IIP Jakarta Hamid lulus dengan gelar S1 dengan menjadi yang terbaik dari 8 peserta yang diberangkatkan.

Sepulangnya dari Jakarta Hamid sudah menerima SK sebagai Camat Bunguran Timur, Ranai.

Jadi bisa kita pelajari menjadi CPNS itu harus tidak boleh gengsi, harus mengerti pimpinan, dan yang paling penting harus ikhlas.

Dilansir dari Wikipedia, diketahui Bupati Natuna memiliki riwayat pendidikan SDN Pulau Penyengat (1965), SMPN Tanjungpinang (1968) SMAN Tanjungpinang (1971), D3APDN Pekanbaru (1975), S1 IIP Jakarta (1982), SUSPIMDAGRI di SECAPA AD (Angkatan Darat) (1989), Sekolah Komando TNI di Cijantung KOPASUS (2002/2003), dan S2 Universitas Tanjung Pura (2006)

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.