oleh

Lebih Dari 7.000 Peserta Ramaikan Pawai 1 Muharram 1446 H Tingkat Provinsi Kepri

Tanjungpinang (Advetorial) – Pawai 1 Muharram 1446 H yang digagas Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepri bersama Pemprov Kepri sukses dilaksanakan dengan diikuti oleh lebih dari 7.000 peserta, pada hari Minggu, 7 Juli 2024 pagi.

Dengan cuaca cerah, penuh semangat para peserta yang didominasi oleh ibu-ibu anggota BKMT se-Tanjungpinang beriringan dengan rute lebih kurang 500 m mulai dari garis start di depan Gedung Gonggong, dilepas secara resmi oleh Ketua BKMT Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, dan disambut langsung oleh Gubernur Ansar Ahmad di garis finish, Pelataran Gedung Daerah Tanjungpinang.

Adapun peserta pawai terdiri dari para pengurus dan anggota BKMT Provinsi Kepri dan se-Kota Tanjungpinang dengan seragam kebanggaan ber berjumlah 6.178 peserta dengan rincian Pengurus BKMT PW dsn PD 30 orang, BKMT Kecamatan Tanjungpinang barat 1.167 peserta, Bukit Bestari 1.445 peserta, Tanjungpinang Kota 536 peserta, dan terbanyak dari Tanjungpinang Timur sebanyak 3.000 orang.

Sisanya menyusul barisan drumband, bunga manggar, organisasi wanita, perguruan tinggi, dan pelajar SMA/SMK se-Kota Tanjungpinang sebanyak 1.685 peserta.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyampaikan sambutan. Foto (An)

Tahun ini, BKMT Kepri mengambil tema peringatan 1 Muharram “Jadikan Momen Tahun Baru Islam sebagai Spirit Membangun Ukhuwah dan Dakwah Islamiyah”. Mengisi pawai, tampak peserta membawa slogan-slogan, bendera, tulisan asmaul husna dan pesan-pesan moral yang mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kepedulian kepada saudara muslim di Palestina contohnya.

Untuk mendukung perekonomian lokal, di pelataran Tuguh Sirih juga dibuka stan bazar untuk para pelaku UMKM. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung produk-produk lokal sambil menikmati rangkaian acara keagamaan.

Usai menyaksikan pawai, Gubernur Ansar menyampaikan rasa bangganya atas semangat para peserta pawai, yang juga banyak berasal dari kalangan usia paruh baya. Bahkan Gubernur Ansar sempat turun langsung menyemangati mereka.

“Alhamdulillah bangga sekali rasanya melihat semangat ibu-ibu ini. Menandakan spirit membangun ukhuwah dan dakwah masih sangat tertanam di masyarakat kita,” ucapnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyaksikan pawai. Foto (An)

Sementara itu Ketua BKMT Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan para peserta atas suksesnya pelaksanaan Acara Pawai Akbar ini.

Ia menambahkan di Kepri, khususnya Tanjungpinang, setiap memasuki bulan Muharam sudah menjadi tradisi adanya pawai 1 Muharam. “Mudah-mudahan momentum tahun baru Islam tahun ini bisa menjadikan Kota Tanjungpinang semakin religius. Selain itu, tercipta masyarakat yang aman dan damai menuju Kota Tanjungpinang yang lebih sejahtera,” ucapnya. (An)

Editor: Sar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.