oleh

Jadi Rajagukguk Ketua Kadin Kota Batam,  Mall Pelayanan Publik Membantu Peningkatan Investasi

-Bisnis, Nasional-1.417 views

BATAM Acikepri.com – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk menilai adanya Mall Pelayanan Publik (MPP)  sangat membantu meningkatan investasi yang saat ini digenjot Pemko dan BP Batam.

Hal ini berdasarkan pantauannya saat hasil kunjungan yang dilakukan nya, Senin (8/1/2018) pagi. Dalam kunjungannya ini, pihak Kadin Batam melihat bagaimana proses pelayanan umum yang dilakukan oleh masing masing petugas yang ada.

Secara garis besar pelayanan di sini sudah baik. Lihat aja lancar semua kan proses pelayanannya. Yang seperti ini memang yang kita harapkan dengan adanya mall pelayanan publik ini
masyarakat tidak akan kesulitan lagi tanpa harus berpindah-pindah instansi pemerintah yang lokasinya berbeda-beda,” ujarnya.

Namun, ia masih menyoroti mengenai hal penting yang harus segera diterapkan oleh masing-masing instansi yang memiliki tenant di MPP yakni belum ditampilkannya informasi mengenai biaya untuk pengurusan izin.

“Sekarang kan udah zaman keterbukaan informasi, seharusnya ditampilkan juga informasi mengenai biayanya. Contoh pelayanan di bagian lahan BP Batam dan juga Imigrasi. Kan masyarakat bertanya-tanya berapa sih biaya misal untuk pengurusan paspor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPM-PTSP Pemko Batam Gustian Riau menyatakan, walau saat ini MPP masih dalam proses menuju peresmian. Namun dalam sebulan belakangan ini, pihaknya mencatat sudah melayani hingga ribuan masyarakat.

“Saat ini masyarakat masih dalam pemahaman pengurusan segala sesuatu secara manual, padahal disini seluruh pengurusan sudah dilakukan secara online,”

Ia menilai pentingnya pelayanan secara online ini, tidak hanya membantu mempercepat segala pengurusan perizinan, tetapi juga membantu dalam pengumpulan data masyarakat yang mengurus perizinan.

“Mengenai masalah peresmian, saat ini kita menunggu jadwal Presiden Joko Widodo, yang akan meresmikan langsung Mall Pelayanan Publik ini dimana dijadwalkan akan dilakukan di awal tahun 2018. Nantinya tidak hanya ini saja, juga akan ada tenant lainnya seperti Premiere XXI, serta Cafe yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong,” paparnya.
sum/batamtoday
editor red.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed