DPMPTSP Natuna Terus Berbenah Dalam Pelayanan Perizinan

0
267

NATUNA, ACIKEPRI.com — Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Natuna, Indra Joni, menyebut, penerapan sistem perizinan Online Single Submission (OSS) saat ini sudah berjalan.

“Dalam pelaksanaannya tentu ada kendala dan keterbatasan,” kata Indra mantan Kadis PMD, saat dihubungi sambungan seluler, pada Sabtu, 22 Juni 2019.

Indra menerangkan, kendala tersebut diantaranya, sarana dan prasarana yang belum lengkap, sumber daya manusia (SDM) yang masih kurang, dan tim teknis dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang terbatas, dimana belum berkantor di dinas perizinan.

Indra mengatakan, sistem OSS ini diterapkan agar semuanya terkoneksi dan terintegrasi secara elektronik, sesuai perkembangan dunia semua serba digital, digital dan melayani (Dilan).

Lanjut Indra, sehingga sampai ke tingkat pusat atau nasional 1 data. “Kementrian, Lembaga, maupun Negara internasional memerlukan data langsung,” terang Indra.

Hal ini dilakukan guna pengurusan Izin yang dilakukan para pengusaha agar tidak rumit dan ribet. “Untuk jaringan internet yang menghubungkan ke sistem sudah lumayan bagus,” ucap Indra.

Selain itu, Indra mengatakan, sistem OSS tersebut melalui website dan proses perizinan menyeluruh, dan akan memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) sampai izin operasional/persetujuan usaha.

“Untuk seluruhnya melalui aplikasi perizinan yang masuk dalam sistem tersebut,” ujar Indra.

Indra berharap, melalui PTSP para pelaku usaha untuk mengurus izin secara online melalui http://www.oss.go.id, apabila tidak lengkap syarat dan input data tidak valid sistem di website menolak.

Indra juga menghimbau, agar para pelaku usaha untuk mengikuti prosedur. “Silahkan pergi ke DPMPTSP petugas kami akan membantu.”

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.