Walikota Tanjungpinang Jamin Siswa yang Gagal di PPDB Dapatkan Pendidikan

0
68

TANJUNGPINANG, ACIKEPRI.com —Walikota Tanjungpinang, Syahrul, menjamin, para siswa yang gagal pada PPDB 2019 bakal tetap mendapatkan pendidikan.

“Insyak Allah, semua anak akan bisa bersekolah, akan kita atur,” kata Syahrul, Sabtu, 6 Juli 2019.

Namun, Syahrul sendiri memang sepertinya tidak menyiapkan strategi khusus untuk mengawasi inisiatif tersebut. Syahrul tidak menjelaskan secara rinci, apakah para siswa yang gagal PPDB bakal tetap diupayakan di sekolah negeri dengan jalur zonasi atau akan diarahkan ke sekolah- sekolah swasta ?

Pantauan di lapangan, ketentuan sistem zonasi yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam PPDB 2019 memang menimbulkan sejumlah masalah.

Zonasi yang diberlakukan pada tahun ini menyisakan berbagai masalah, mulai dari perhitungan jarak dari tempat tinggal ke sekolah serta pemetaan antara jumlah sekolah dengan penduduk yang belum imbang.

Bahkan, sistem zonasi juga dikhawatirkan berpotensi memunculkan ruang untuk praktik ilegal, seperti dugaan permainan penentuan titik koordinat atau radius serta prioritas kerabat oleh oknum- oknum tim panitia validasi data.

Selain itu, sistem zonasi juga memunculkan masalah karena minimnya jumlah sekolah negeri. Banyak siswa yang tidak tertampung karena jumlah sekolah tidak memadai jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang ingin mendaftar.

Kuota daya tampung siswa di setiap sekolah yang belum jelas distribusinya juga akhirnya mengakibatkan tujuan zonasi agar siswa bersekolah di dekat rumah pun tidak tercapai.(detikglobalnews.com*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.