DPRD Akan Bentuk Pansus Jika BP Batam Besok Tak Hadir RDPU Konsesi ATB

0
32

Batam – DPRD Kota Batam berencana mengundang lagi sejumlah pihak membahas konsesi ATB. Pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) kedua, Kamis, 24 September 2020 pihak BP Batam kembali tak hadir.

RDPU pada besok, Jumat, 25 September 2020 adalah ketiga kalinya. Jika BP Batam tetap bandel tak mau datang tak menutup kemungkinan DPRD Kota Batam akan membentuk panitia khusus (Pansus).

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Batam, usai RDPU yang batal diadakan karena ketidakhadiran BP Batam. “Kemungkinan itu bisa dilakukan,” ujar Nuryanto dilansir dari akun Facebook Sahabat Cak Nur, Kamis, 24 September 2020 malam.

Meski BP Batam dalam hak politiknya bukan mitra DPRD dan tak diatur dalam UU, Nuryanto menjelaskan nanti hasil Pansus menjadi bahan laporan.

Laporan itu bisa ke DPRD Kepri, DPR RI atau pemerintah pusat termasuk Presiden dan Mendagri.

Cara tersebut menurut Nuryanto lebih terhormat lantaran menyangkut moral. Ia berharap semua pihak menghargai dalam tata kelola negara.

Kendati demikian, Nuryanto meminta masyarakat berpikiran positif jika besok BP akan hadir dalam RDPU ke-3. Kehadiran mereka sangat penting, sebab pengguna air di Batam menunggu seperti apa kebijakan BP Batam usai mengakhiri kontrak dengan PT ATB.

Satu hal yang ditegaskan Nuryanto, hendaknya BP Batam tak perlu merasa bahwa level mereka lebih tinggi dari DPRD Batam.

Memang, mitra langsung BP Batam adalah DPR RI Komisi VI. Namun ini menyangkut air tentu tak bisa mengingkari amanat UUD 1945, Pasal 33 ayat 3.

“Kami sebagai lembaga legislatif di sini berkewajiban menampung aspirasi dan keluhan masyarakat,” tutur Nuryanto.
Ketidakhadiran BP Batam pada RDPU ke-2 juga mengundang kekecewaan Ketua Komisi I DPRD Batam, Budi Mardianto.

Budi sangat meyayangkan sikap BP Batam yang tidak menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat terkait polemik konsesi yang akan berakhir pada 14 November 2020.

“BP Batam telah melecehkan Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat dan saya minta sidang ini untuk dijadwalkan ulang dan memastikan BP Batam dapat menghadiri,” ucapnya dengan nada tinggi.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.