oleh

Polres Bintan Dukung Pembentukan Relawan Damkar di Kecamatan Toapaya

Bintan – Polres Bintan terus menunjukkan dukungannya terhadap kegiatan pemerintah dan masyarakat yang positif.

Salah satu buktinya adalah pembentukan relawan pemadam kebakaran tingkat kecamatan Toapaya, yang diresmikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Ronny Kartika, di Aula Kantor Camat Toapaya, Senin, 27 Mei 2024.

Acara pembentukan dan peresmian ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas sekecamatan Toapaya. Dalam sambutannya, Sekda Bintan menyampaikan rasa syukur atas kehadiran dan partisipasi semua pihak dalam pembentukan relawan pemadam kebakaran tersebut.

“Tujuan pembentukan ini sangat penting bagi keselamatan dan kesejahteraan kita semua, khususnya di Kecamatan Toapaya. Resiko kebakaran merupakan ancaman serius bagi kehidupan, harta benda, dan lingkungan. Oleh karena itu, langkah-langkah preventif dan responsif harus dilakukan secara bersama-sama demi meminimalkan dampak yang mungkin terjadi,” ujar Ronny Kartika.

Ronny juga menambahkan bahwa pembentukan dan pembinaan relawan ini adalah langkah konkret untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menghadapi kebakaran.

“Relawan-relawan ini akan menjadi garda terdepan dalam mengatasi situasi darurat dan memberikan pertolongan pertama yang sangat dibutuhkan,” lanjutnya.

Ia juga menekankan bahwa pembentukan dan pembinaan relawan ini tidak hanya sebagai sebuah tugas, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat solidaritas dan kepedulian di antara masyarakat.

“Kita semua memiliki peran dan tanggung jawab untuk saling membantu dan melindungi satu sama lain dalam menghadapi bencana,” kata Ronny.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M melalui Kasi Humas Polres Bintan, Iptu Missyamsu Alson, menyatakan bahwa Polres Bintan selalu mendukung adanya kelompok-kelompok yang bertugas untuk sosial.

“Kami dari Polres Bintan selalu mendukung program pemerintah, apalagi program tersebut program sosial dengan penyelamatan lingkungan, harta benda, dan nyawa manusia,” kata Kasi Humas.

“Bukti kita mendukung yaitu kita selalu hadir dan ikut serta dalam kelompok tersebut yang bergerak di bidang kebakaran. Personel kita melalui Bhabinkamtibmas turun dan berbaur langsung dengan para relawan,” ungkap Iptu Alson.

“Bahkan apabila nantinya ada pelatihan dalam penanganan kebakaran, kita akan mengirimkan personel untuk mengikutinya,” tambahnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPBD Bintan, Ramlah, Sat Pol PP Provinsi Kepri, PMI Bintan, dan UPTD Damkar Toapaya. (An)

Editor: Sar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.