Tingkatkan Pendapatan Petani, Pemkab Anambas Gelar Pelatihan Pendampingan

0
179

ANAMBAS, ACIKEPRI.com – Untuk meningkatkan pendapatan para petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas melalui Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) gelar pelatihan pendampingan bagi petani “Peningkatan Sumber Daya Manusia.”

Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret mendatang. Kepala Dinas DP3, Efi Sjuhairi, mengatakan, tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah menciptakan petani yang profesional.

“Kegiatan ini sebagai langkah mewujudkan Visi dan misi kepala daerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani di Kabupaten Kepulauan Anambas,” jelasnya, Jumat, 1 Maret 2019.

Disamping itu, Efi juga menjelaskan, saat ini pemerintah daerah sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Riau (UNRI) untuk pertanian. “Nah dalam kegiatan nanti salah satu narasumber nya dari UNRI. Dan kegiatan berlangsung di lapangan atau di lahan pertanian di Kecamatan Jemaja Timur,” jelasnya.

Dirinya berharap petani dapat mengikuti program tersebut untuk untuk memotivasi petani sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan konsentrasi dalam bertani.

“Semoga kegiatan ini dapat menciptakan petani sejati. Artinya, petani ini tidak perlu bekerja lain, cukup fokus saja pada kegiatan betani namun kesejahteraan terus dapat meningkat baik dari ekonomi hingga ilmu pengetahuan dalam bertani,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian (Kabid) Zarrin Mastur menyampaikan kegiatan ini akan di ikuti sebanyak 160 orang petani. “Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari untuk memberikan materi mengenai pola bertani yang baik,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan peningkatan sumber daya manusia untuk petani ini antara lain: Pembuatan pupuk Organik, pelatihan dan pendampingan pengembangan perternakan, pelatihan pembuatan Biogas, pelatihan dan pendampingan pengembangan Padi dan Palawija, pelatihan penanganan pasca panen, pendampingan Mangament alat pertanian, pelatihan dan pendampingan hama penyakit terpadu dan terakhir pelatihan dan pendampingan tanaman sayuran.

Sumber: Metrosidik.co.id
Editor: Sarwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.