Jokowi Ingin Bukti Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM

0
20

JAKARTA, ACIKEPRI.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pastikan kebenaran pelayanan irektorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM, terkait pengesahan perusahaan dalam bentuk perseroan terbatas (PT) yang hanya butuh waktu tujuh menit saja.

Pesan ini disampaikan oleh Jokowi dalam Pembukaan Kongres Notaris Dunia ke-29 Tahun 2019, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Layanan tersebut merupakan salah satu inovasi pemanfaatan teknologi yang dijalankan Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM.

Jokowi mengatakan penerapan sistem pelayanan administrasi hukum secara online atau AHU online itu telah berhasil memangkas waktu pelayanan. Legalisasi dokumen yang sebelumnya memakan waktu tiga hari, kini hanya tiga jam.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut semua kalangan, baik pemerintah, pelaku bisnis, maupun notaris harus mengubah birokrasi, proses bisnis, dan budaya kerja di era disrupsi. Pemerintah mesti bergerak lebih lincah dan cepat agar tak ketinggalan dari negara lain.

Jokowi juga mengatakan bahwa negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Selain itu, negara yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan mendahului negara yang gagap teknologi.(wathyuting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.