Fraksi Demokrat dan PSI Ini Kecewa Anggota DPRD Batam Tidak Ikuti Tatib

0
68
Suasana rapat paripurna DPRD Kota Batam. foto (ist)

BATAM, ACIKEPRI.com – Fraksi Demokrat, dan PSI Muhammad Yunus  kecewa, karena banyak anggota DPRD Kota Batam yang tidak mematuhi aturan.

Hal ini disampaikan Muhammad Yunus yang juga anggota DPRD Kota Batam saat Rapat Paripurna di gedung DPRD kota Batam, Batam Centre, Batam, Jumat (20/12/2019).

“Sesuai Tatib kita, apabila paripurna dilaksanakan pada Jumat, maka anggota DPRD Batam wajib memakai pakaian Melayu lengkap dan tanjak,” ujar Yunus.

Yunus mengatakan, Tatib tersebut sudah disampaikan kepada Sekwan DPRD Kota Batam agar dalam undangan dibuat catatan kaki, pakaian yang dipakai pada kegiatan itu.

“ Dalam catatan kaki diundangan itu sudah disampaikan dan menurut adat kebudayaan Melayu pada Jumat untuk anggota DPRD jelas harus memakai baju Melayu dan tanjak. Jadi saya berharap kalau tidak mau repot jangan ada lagi paripurna Jumat. Terima kasih pimpinan,” kata Yunus dengan nada tegas.

Menyikapi hal itu,  Safari Ramadhan dari fraksi PAN memberi apresiasi atas penyampaian M Yunus tersebut lantaran dalam rangka menegakkan Tatib hal itu sangat perlu dan  kebetulan dirinya sebagai Wakil Ketua di tatib. Namun Ia menyebutkan memang manusia memiliki sifat yang lupa dan khilaf.

“ Saya dari pagi jam 10.00 WIB sudah berada di kantor  mengikuti rapat pimpinan dan tidak sempat untuk pulang ke rumah mengganti pakaian, jadi untuk masalah paripurna kita hari ini kami pun tidak tahu kalau hari ini ada tatib itu yang diwajibkan memakai baju Melayu lengkap, ini perlu difahami. lnsah Allah kedepan pimpinan kita akan melaksanakan apa yang sudah ditetapkan dalam Tatib itu dan saya minta  pak Yunus untuk bisa memahami kita semua termasuk juga pimpinan kalau memang itu bisa dipahami, tapi kalau tidak bisa pak pimpinan kami siap bahwa yang hadir pada rapat paripurna hari ini  kalau tidak sesuai dengan  Tatib harus dianulir kehadirannya. Maka silakan saja pimpinan  bagaimana rapat paripurna  ini bisa korum,” katanya.

Safari Ramadhan juga menyebutkan telah meminta kepada Sekwan agar disetiap Komisi dan disetiap meja disediakan lemari kecil tempat menyimpan tanjak  dan baju Melayu dan lain nya.

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Kota Batam yang memimpin rapat paripurna itu juga mengapresiasi kepada M Yunus yang telah mengingatkan. Ia juga mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD Kota Batam harus dapat mengikuti Tatib yang sudah disepakati.

Rapat paripurna itu dihadiri, Walikota Batam, H M Rudi,  Wakil Ketua I DPRD Kota Batam,  M Kamaluddin, Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim dan Wakil Ketua III DPRD Kota Batam,  Iman Sutiawan, unsur FKPD kota Batam, dan sejumlah Kepala OPD Pemko Batam.(rn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.