Dampingi Zulkifli Zaini, Sinthya Roesly Resmi Jadi Direktur Keuangan PLN

0
76

JAKARTA, ACIKEPRI.com – PLN kini sudah memiliki Direktur Utama yang baru yakni Zulkifli Zaini. Nah, PLN juga memiliki Sinthya Roesly yang resmi menjadi Direktur Keuangan.

Dalam RUPSLB PLN yang ditetapkan hari ini, Sinthya ditetapkan sebagai Direktur Keuangan mendampingi Zulkifli Zaini. Siapa ya Sinthya?

Dilansir CNN Indonesia, Sinthya sebenarnya bukan orang baru PLN. Ia pernah meniti karir di perusahaan pelat merah itu selama 16 tahun dari 1993 hingga 2009.

Ketika bekerja di PLN, Sinthya terlibat dalam program pembangkit listrik 10 ribu megawatt (MW). Tak hanya itu, ia juga mengurus sumber pendanaan perusahaan dari penerbitan surat utang (obligasi), perbankan domestik, dan internasional.

Setelah belasan tahun di PLN, pemerintah menunjuk Sinthya untuk menempati posisi Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Jabatan itu diduduki dari 2009 hingga 2017.

Kemudian, Sinthya dipercaya untuk menjadi petinggi di LPEI sejak 2017 hingga sekarang. LPEI sendiri merupakan lembaga yang ditugaskan pemerintah untuk menjalankan pembiayaan ekspor nasional (PEN).

Dari segi pendidikan, Sinthya mendapatkan gelar sarjana di Universitas Indonesia (UI) jurusan Teknik Elektro. Kemudian, ia menyelesaikan program Master of Management dari IPMI Business School dan MBA dari Monash University.

Sinthya akan mendampingi Dirut Zulkifli Zaini untuk mengurus BUMN setrum. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap komut dan dirut baru PLN diberi tugas untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik.

“PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi,” tegas Erick.(cnbc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.