Wabup Natuna Apresiasi ACT Salurkan Paket Pangan di Kabupaten Natuna

0
140
Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti sampaikan kata sambutan. foto (ist)

NATUNA, ACIKEPRI.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, sangat menyambut baik atas kunjungan tim dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menggelar aksi sosial kemanusiaan di Kabupaten Natuna.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, saat memberikan bantuan paket pangan bagi warga prasejahtera dari ACT, di Surau Nurul Huda, Dusun Meso, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, dikutip dari laman setda.natunakab.go.id, pada Kamis, 9 Januari 2020.

Ngesti menyampaikan apresiasi kepada para relawan ACT, yang telah bersedia memberikan bantuan paket pangan kepada warga disejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Natuna.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, saat memberikan bantuan paket pangan bagi warga prasejahtera dari ACT, di Surau Nurul Huda, Dusun Meso, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur. foto (ist)

Menurut Ngesti kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berada disalah satu daerah perbatasan, khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Ngesti mengatakan, saat ini wilayah Kabupaten Natuna sedang diklaim sepihak oleh Negara China, dengan keberadaan puluhan kapal ikan asing (KIA) yang mencari ikan disekitar perairan Laut Natuna Utara.

Kehadiran para relawan ACT ini membuktikan bahwa negara memiliki perhatian penuh terhadap masyarakat yang berada didaerah konflik, seperti Natuna saat ini.

Untuk itu Ngesti meminta kepada para nelayan Natuna, supaya tidak perlu takut untuk melakukan aktifitas penangkapan ikan di laut yang masih merupakan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, Koordinator Penyaluran Bantuan dari ACT, Apiko Joko Mulyono

Koordinator Penyaluran Bantuan dari ACT, Apiko Joko Mulyono sampaikan kata sambutan. foto (ist)

, menjelaskan, bahwa ACT merupakan lembaga kemanusiaan yang mengkhususkan diri pada penanggulangan bencana melalui konsep TDM (Total Disaster Management) dan program pengembangan sosial dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan ketahanan pangan.

Apiko menjelaskan, bahwa ACT akan menggelar kegiatan sosial kemanusiaan di Kabupaten Natuna selama 7 hari, yaitu dari tanggal 8-14 Januari 2020, di sekitar wilayah Ranai, Batu Gajah dan Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga.

Ada sebanyak 1000 paket pangan yang dibawa oleh tim ACT, untuk dibagikan kepada warga prasejahtera yang ada daerah ujung utara NKRI tersebut.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, tim ACT bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, TNI, PMI, serta sejumlah komunitas sosial yang ada di Kabupaten Natuna, salah satunya dengan Forum Kita Peduli Sesama (FKPS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.