Ketua DPRD Kota Batam Imbau Masyarakat Taat Aturan Sosial Distancing

0
50

BATAM, ACIKEPRI.com – Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, menghimbau masyarakat untuk taat terhadap aturan Sosial Distancing (menjaga jarak) yang diterapkan pemerintah pusat dan pemerintah Kota Batam.

social distancing adalah serangkaian tindakan pengendalian penularan infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Tujuan dari pembatasan sosial (sosial distancing) adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang terinfeksi dan orang lain yang tidak terinfeksi, sehingga dapat meminimalkan penularan penyakit, morbiditas, dan terutama, kematian seperti Virus Corona (COVID-19).

“Apapun kebijakannya, ya mau sosial distancing, mau lockdwon, atau semi lockdwon, kalau itu dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab, dan masyarakat melakukannya dengan taat, disiplin dan memiliki kesadaran bersama, saya pikir itu ada dampak positif dan akan berhasil,” ucap Nuryanto saat dikonfirmasi, Kamis, 26 Maret 2020.

Ditegaskannya lagi, “Apa yang dilakukan oleh Pemerintah dengan memberlakukan, terkait sosial distancing sekarang ini, kalau ini dilakukan dengan disiplin maka ini akan efektif. Makanya yang paling penting masyarakat agar mentaati aturan dengan disiplin. Dan dengan melakukan sosial distancing, masyarakat sudah cukup membantu Pemerintah,” saya pikir begitu ucapnya.

Dia juga menyebut bahwa apa yang dilakukan pihak Pemerintah Kota Batam saat ini sudah berdasarkan kajian,”Sejauh ini pengawasan controlnya dan juga dengan selalu melakukan sosialisasi, agar masyarakat tidak berkumpul-kumpul dan tetap menjaga jarak dengan orang lain, itu sudah cukup baik. Dan apapun yang menjadi kebijakan dari Pemerintah itu sudah dilakukan melalui kajian,” tukasnya.

Saat ini, Sambung Nuryanto, kembali kepada diri kita masing-masing untuk selalu menyadari, sama-sama punya rasa kepentingan bersama dan untuk keselamatan bersama, maka pastinya kita harus taat dan bisa menahan diri.

Lanjutnya, sejauh ini Pemerintah Kota Batam dengan semua pihak dan juga gugus tugas penanggulangan Covid 19 sudah bekerja secara maksimal.

“Pemerintah Kota Batam sejauh ini sudah berusaha semaksimal mungkin dengan seluruh kekuatannya, itu yang saya lihat. Jadi untuk ini diperlukan kerjasama dari semua masyarakat,” tambahnya dikutip dari independennews.

Nuryanto menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan lockdwon untuk Kota Batam, jika hal itu sudah sangat diperlukan.

“Saya pikir jika kondisinya sudah darurat, mau tidak mau Pemerintah Kota Batam memberikan konfirmasi atau koordinasi dengan Pemerintah pusat melalui Gubernur. Mohon maaf hal ini akan diambil kebijakan kalau situasinya sudah betul-betul darurat. Namun saya pikir hal itu merupakan langkah terkahir yang harus diambil,” jelasnya.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.