Bupati Natuna Minta Kepala Desa Ubah Apbdes untuk Program Padat Karya Tunai dan Penanganan Covid-19

0
443

NATUNA, ACIKEPRI.com – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menginstruksikan kepada seluruh kepala desa untuk mengubah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Apbdes) pada dua fokus pemerintah saat ini.

Dua fokus tersebut, yakni program kegiatan yang bersifat padat karya tunai dan penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19).

“Bupati sudah mengeluarkan edaran kepada  kepala desa se Kabupaten Natuna terkait kebijakan itu,” kata Kepala Dinas PMD, Anrizal Zen saat dikonfirmasi, Kamis, 2 April 2020.

Dalam surat edaran Bupati Natuna nomor: 140/DPMD/117/IV/2020 kepala desa diminta untuk membentuk relawan desa lawan Covid-19 dan bermitra dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas serta pendamping P3MD.

Selain itu, dalam penyesuaian sistem kerja bagi aparatur desa dihimbau untuk melaksanakan tugas kedinasan dirumah dengan ketentuan 50 persen dari jumlah aparatur desa tetap bekerja di kantor dengan sistem penjadwalan bergilir.

“Dikecualikan kepala desa dan sekretaris desa untuk tetap masuk kantor,” ucap Anrizal Zen.

Anrizal Zen menjelaskan, ketentuan penyesuaian sistem kerja perangkat desa ini di berlakukan dari 2 April sampai 21 April 2020, dan pemberitahuan selanjutnya dengan memperhatikan kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Natuna.

Diketahui dasar surat edaran tersebut, sesuai edaran Mendagri nomor 440/2436/SJ tanggal 17 Maret 2020 tentang pencegahan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah dan edaran Kemendes PDTT nomor 8 tahun 2020 tentang desa tangkap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai serta keputusan Gubernur Kepri nomor 307 tahun 2020 tentang status tanggap darurat bencana non alam wabah penyakit Covid-19.

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.