Jokowi Telpon Presiden China Xi Jinping Tawari Bantuan Atasi Virus Corona

0
92

JAKARTA, ACIKEPRI.com – Presiden Jokowi menelepon Presiden China Xi Jinping untuk menyampaikan belasungkawa atas wabah virus Corona.  Dalam percakapan itu, Jokowi juga menyatakan Indonesia siap memberikan bantuan.

“Tadi malam jam setengah 8, saya bicara melalui telepon dengan Presiden RRT (Republik Rakyat Tiongkok), Xi Jinping,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.

“Pertama, saya sampaikan duka cita dan simpati terhadap para korban virus corona yang ada di Tiongkok. Kemudian juga saya sampaikan Indonesia akan selalu bersama dengan RRT dalam masa sulit seperti ini,” lanjut Jokowi dikutip dari Kumparan, Kamis, 13 Februari 2020.

Wabah virus corona atau COVID-19 telah mendera China sejak akhir 2019 lalu. Saat ini angka kematian akibat COVID-19 di China telah mencapai 1.114 orang. Sementara jumlah penderita sudah lebih dari 45 ribu orang.

Menurut data terbaru, ada 4.781 orang yang berhasil sembuh dari virus corona. Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat dari COVID-19.

“Indonesia yakin RRT bisa selesaikan masalah virus corona secepatnya,” kata Jokowi dalam percakapannya dengan Xi Jinping.

Presiden Joko juga menyampaikan kesiapan Indonesia memberikan bantuan kepada China. “Saya tawarkan, apabila diperlukan bantuan untuk mempercepat penanganan, saya sampaikan RI siap beri bantuan,” ujar Jokowi.

Saat ini bantuan yang sangat diperlukan China adalah masker dan pakaian pelindung hazmat. Wuhan, kota awal mula penyebaran COVID-19, kekurangan hingga 56 ribu masker N95 dan 41 ribu pakaian pelindung atau hazmat.

China sendiri sejauh ini telah mengimpor lebih dari 300 juta masker dan 3,9 juta pakaian pelindung dari luar negeri.

(SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.