oleh

Bupati Karimun Diundang Unrika Jadi Narasumber pada Kuliah Pakar

Karimun – Bupati Karimun Aunur Rafiq diundang secara khusus oleh Universitas Kepulauan Riau (Unrika) menjadi Narasumber pada Kuliah Pakar dan Pelantikan Penggurus Senat BEM dan HIMIP, di Unrika pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Batam, pada Rabu, 26 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan itu,  Rektor Unrika Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, SE,MM, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Askarmin Harun, S.Sos, M.Si, Ketua Prodi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dendi Sutarto, S.Sos, M.Si, Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta beberapa Kepala OPD Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini mengusung tema “Peluang dan Tantangan Tata Kelola Pemerintahan Menuju Birokrasi Kelas Dunia Di Era Trasnformasi Digital”.

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Dosen dan Mahasiswa. Foto (Sajirun)

Dalam paparannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan berbagai peluang dan tantangan  dalam menghadapi era transformasi digital saat ini, terutama intitusi Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada umumnya.

“Dalam era transformasi digital pemerintah dihadapkan pada peluang sekaligus tantangan dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia, digitalisasi membuka jalan bagi efesiensi, transparansi dan layanan publik yang lebih unggul, namun hal ini juga membutuihkan perubahan mintset, penguatan kapasitas SDM dan penyesuaian tata kelola kelembagaan, sebuah perjalanan yang penuh peluang namun juga disertai dengan beragam tantangan yang harus dihadapi,” ujarnya.

Aunur menyebut, di Pemda Karimun sendiri dalam menghadapi era tranformsi digital khususnya di bidang pelayanan publik setiap OPD telah banyak melahirkan aplikasi-aplikasi pelayanan publik.

Bupati Karimun Aunru Rafiq foto bersama Rektor, Dosen, dan Mahasiswa Unrika. Foto (Sajirun)

“Di antaranya aplikasi sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU), Sistem Informasi Penggelolaan Data Kesehatan (SIDATIN SEHAT), Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (SIM PBB) dan berbagai aplikasi pelayanan yang telah di lahirkan oleh setiap OPD,” ungkapnua.

Sementara, Rektor Unrika Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, SE, MM menyampaikan apresisi kepada Bupati Karimun atas kehadirannya dalam acar tersebut.

Secara langsung, ia mengajak Bupati Karimun untuk bergabung menjadi salah seorang pengajar di Unrika khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik.

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menerima cenderamata dari Rektor Unrika. Foto (Sajirun)

“Pengalaman dan kepiawaian Bapak Bupati Karimun dibidang pemerintahan dapat memberikan warna  tersendiri bagi perkembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unirikayang  dapat memadukan antara teori dan praktek yang sesungguhnya di masyarakat,” ujarnya.

Terakhir dari kegiatan tersebut, Bupati Karimun melaksanakan sesi tanya jawab bersama mahasiswa Civitas Akademika Unrika serta bertukar cenderamata. (Sajirun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.