Pengungkapan Kasus Peredaran Produk Pangan Kadaluarsa Importir PT Pandawa Rejeki Semesta

0
1038

Jakarta barat, Acikeri,com – Press Confrence Polres Metro Jakarta Barat , Pengungkapan Kasus Peredaran Produk Pangan Kadaluarsa oleh Importir “PT.PANDAWA  REJEKI SEMESTA “Bertempat di Roko Jl.Kalianyar 1 no. 6 – 7 Rt.001/08 Kel.Jembatan besi  kec.Tambora Jakbar.Selasa 20 maret 2018.

Adapun Barang Bukti  Peralatan yg digunakan utk menghapus dan membuat tanggal kadaluarsa pada produk tanggal sbb – Tinner , bor, mesin tanggal, lem putih,.Produk pangan yg sudah dihapus diganti tanggal sbb – Protein milx, linsed meal, Hermints,Label2 Kemasan produk pangan yg shd diperbaharui tgl kadaluwarsanya, Produk pangan yg sudah mendekati kadaluarsa dan akan dihapus ( diganti tanggal kadaluarsanya ).

Acara konfres tersebut  Dihadiri oleh  Kapolres Jakbar AKBP.Hengky Haryadi SIK SH MM. beaerta jajarannya, Kapolsek Tambora Kompol Selamet Riyadi Sik MM, Tim BPOM Bpk.Suradi Dama, Babinsa Tambora Pelda Lily, Media Tv one ‘ MNc TV , Liputan 6 Indosiar.

“Dalam  Modus Operandi Tertangkapnya Manager dan kepala gudang serta Karyawan sedang bekerja menggganti label tanggal kadaluarsa ,dan  Ruko tersebut tempat  peralihan dan beroperasi sejak th 2014 Kantor berada dihayam wuruk utk Scan dan Barang yg disita 96.066 pcs total seluruhnya diperkirakan 3 milyard.

Kegiatan Press Confrence tsb hasil pengembangan dari
Subnit II Krimsus Polres Metro Jakbar pimpinan IPTU STEVEN CHANG, SIK pada  Sabtu tanggal 24 Pebruari 2018 sekitar pukul 15.30 WIB telah mengamankan 12 orang diduga terkait dengan tindak pidana dibidang Perlindungan Konsumen dan atau Pangan sebagaimana yang diatur dalam pasal 62 ayat 1 Jo pasal 8 ayat (1) dan (3) UURI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 143 Jo pasal 99 UURI No. 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Pergudangan Angke Indah Blok C-6 Cengkareng Jakarta Barat
(Gudang PT. Pandawa Rezeki Semesta)

Awalnya pada sekitar bulan Desember 2017 ketika anggota Subnit 2 Krimsus sedang melakukan observasi di sekitar Pergudangan Angke Indah Cengkareng Jakbar menemukan ada tumpukan produk makanan yang sudah kadaluarsa di gudang Blok C-6 milik PT. Pandawa Rezeki Semesta, selanjutnya dari hasil temuan tersebut Penyelidik mengundang Direktur PT. Pandawa Rezeki Semesta untuk dimintai keterangannya (Wawancara) sekaligus meminta klarifikasi terkait dengan temuan produk makanan yang sudah kadaluarsa, dan menurut ket Sdr Rully Adriansyah selaku Direktur bahwa produk makanan yg sudah kadaluarsa tsb rencananya akan dimusnahkan
Selanjutnya pada tanggal 24 Pebruari 2018 ketika penyelidik melakukan observasi kembali di TKP, penyelidik mendapati adanya beberapa orang yg mengaku karyawan PT. Pandawa Rezeki Semesta sedang melakukan kegiatan mengganti label kemasan tanggal kadaluarsa produk makanan yang sudah kadaluarsa dengan label kemasan yang tanggal kadaluarsanya baru sehingga seolah – olah produk pangan yang sudah kadaluarsa tsb menjadi layak untuk dikonsumsi.
Selanjutnya dilakukan pengembangan ke lokasi gudang lainnya di Ruko Jl. Kalianyar Tambora Jakbar ternyata ditemukan mesin alat tembak elektronik untuk membuat tanggal kadaluarsa berikut cairan M3 untuk menghapus tanggal kadaluarsa pada kemasan produk pangan.

Adapun barang Bukti yang diamankan 1 Unit mesin tembak elektronik merek KBA Metronik GmbH,2 botol cairan M3 1 Bal kain kompon,1 buah alat sablon,1 ember lem,1 unit hair dryer,12 pembukuan administrasi 3 buah alat pres tembak tempel kadaluarsa merek Joyko,1 Bundel kraft mayo kemasan lama yg sudah d rusak,
1 bundel kraft roka blue chese lama yg sudah d rusak,3 karton kraft mayo yang sudah d rubah kemasan kadaluwarsa,13 karton kraft blue chese yang sudah d rubah kemasan kadaluwarsa .tim aliansi indonesia, tamalaki mansyur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.