Antisipasi Kemarau, BP Batam Akan Rekayasa Cuaca di Daerah

0
70

BATAM, ACIKEPRI.com – Kota Batam saat ini menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan, beberapa kondisi waduk juga sudah mengering. Mengantisipasi hal tersebut, Badan Pengusahaan Batam akan melakukan modifikasi atau rekayasa cuaca agar turun hujan di daerah tangkapan air.

“Diharapkan ada awan, sebab jika ada awan, maka rekayasa cuaca ini bisa berhasil,” kata Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam Ir.Binsar Tambunan, saat konferensi pers di halaman Gedung Marketing Center BP Batam di Batam Center,  Kamis, 26 Maret 2020.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena sebentar lagi akan mendekati hari besar yakni bulan ramadhan dan hari raya idul fitri, untuk itu diperlukan antisipasi sejak dini.

“Dalam situasi musim kemarau ini, perlu semua komponen melakukan kerjasama agar ketersediaan air di Batam benar-benar realistis. Sehingga masyarakat Batam tidak risau,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa waduk-waduk akan dikeruk. “Misalnya Waduk Duriangkang, lalu akan dilakukan pengerukan yang lain misalnya Waduk Sei Harapan, juga Tembesi,” kata Binsar.

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.