DPMPTSP Buka Pelayanan OSS untuk UMK di Kecamatan Bunguran Barat

0
287

NATUNA, ACIKEPRI.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Natuna membuka pelayanan Online Single Submission (OSS) di Kantor Camat Bunguran Barat, Sedanau, Selasa, 10 Maret 2020.

OSS ini dibuka untuk pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Perseorangan bagi pelaku usaha di Sedanau selama 2 hari dari tanggal 10-11 Maret 2020.

“Untuk pelaku usaha cukup membawa KTP, NPWP, dan mempunyai e-mail,” kata Kadis PMPTSP melalui Kasi Pemantauan, Pengawasan dan Pembinaan Penanaman Modal, Yuliana.

Ia menjelaskan, sementara ini sistem izin usaha terintegrasi elektronik dibuka untuk pelaku IUMK dan Perseorangan. “Untuk perusahaan seperti PT, CV, dan Yayasan itu harus AHU/Online makanya belum,” ujarnya.

Yuliana mengatakan, pelayanan OSS dilakukan untuk mempermudah pelaku usaha dalam pengurusan izin.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pengurusan perizinan di Kecamatan Bunguran Barat tidak ada kendala. “OSS ini yang penting jaringan internet dan data lengkap, itu langsung terbit NIBnya,” sebut Yuliana.

Foto Bersama di Kantor Camat Bunguran Barat. foto (ist)

“Bagi pelaku usaha yang melakukan usaha dengan nilai investasi lebih dari 500 juta wajib melaporkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) pertriwulan ke  bidang Pengendalian Pelaksanaan Modal dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP,” ucapnya.

Yuliana juga menyebut, telah ada wacana dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bahwa pelaku usaha dengan nilai investasi dibawah 500 juta juga akan melaporkan usahanya pertriwulan.

Sementara itu, Sekretaris Camat
Bunguran Barat, Hidayat, mengatakan, bahwa masyarakat memang mengharapkan kegiatan ini dalam pengurusan perizinan. “Karena masyarakat tidak terbebani lagi oleh biaya,” ucap Hidayat.

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.