oleh

Buka Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup, Bupati Natuna : Ini Budaya dan Permainan Seni Kami

Natuna – Merihkan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kepri mengadakan Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Tugu Gasing, Kelurahan Bandarsyah, Kamis, 20 Juni 2024.

Ketua Panitia Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup, Wan Aris Munandar mengatakan, pertandingan Gasing ini dilaksanakan selama empat hari mulai 20 hingga 23 Juni 2024 mendatang.

Wan Aris menyebut, lerlombaan ini diikuti sebanyak 8 tim dari 7 kecamatan. Yaitu Kecamatan Bunguran Timur 2 tim, Bungurun Timur Laut 1 tim, Bungurun Selatan 1 tim, Bungurun Batubi 1 tim, Bungurun Barat 1 tim, Bungurun Utara 1 tim dan Pulau Tiga 1 tim.

“Haru dan bangga kami ucapkan kepada pihak Kepolisian melalui Polres Natuna yang mengangkat budaya kami serta mempercayakan pihaknya mengambil bagian dalam perlombaan ini,” ujar Wan Aris.

Bagian dari penyelenggara, Wan Aris juga meminta dalam persiapan penyelenggaraan, jika ada kekurangan dalam pelaksanaan perlombaan kepada pihak Polres Natuna dapat memberikan bimbingan sehingga kegiatan terlaksana dengan baik.

Kapolres Natuna AKBP Nanang Budi Santoso menyampaikan kegiatan Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup ini dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78.

“Sesuai petunjuk Kapolda Kepri kepada jajaran ikhwal menyambut hari Bhayangkara untuk tidak hanya mengadakan perlombaan yang umum,” terang Nanang.

Tetapi, kata Nanang untuk tidak melupakan perlombaan budaya di wilayah masing-masing untuk melastarikan dan ikut serta dalam menjaga kearifan lokal agar terus berkembang dan dikenal masyarakat luas.

“Jangan sampai perlombaan yang sifatnya umum (nasional) selalu diadakan, tetapi untuk kearifan lokal dilupakan,” ujarnya.

Menurut Nanang, ini merupakan pesan Kapolda Kepri dan beliau merupakan putra berdarah melayu untuk terus bersama masyarakat dan mendukumg kegiatan masyarakat serta menjaga harkat kamtibmas.

Sambung Nanang, dalam menyambut Hari Bhayangkara ke -78 juga akan dilaksanakan pertandingan Volly U-23 pada tanggal 25 Juni mendatang.

“Semoga dengan diadakan lomba ini, kedepannya Tanding Gasing lebih populer dan dicintai masyarakat luas,”

Sementara, Bupati Natuna Wan Siswandi mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-78 kepada Polri di seluruh Indonesia terkhusu Polda Kepri dan Polres Natuna.

“Terimakasih sudah melaksanakan kegiatan Tanding Gasing, ini adalah budaya dan permainan seni kami,” ucap Siswandi saat membuka langsung Lomba Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup.

Siswandi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Forkopimda yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat di Kabupaten Natuna.

“Terimakasih kepada komunitas yang telah berpartisipasi, hadiah bukan hal utama, silaturahmi adalah hal yang terpenting,” ungkap Siswandi.

Siswandi juga mengajak, kepada para peserta untuk menjunjung tinggi semangat sportifitas sehingga terciptanya kebersamaan dan persaudaraan.

Turut hadir, Anggota DPRD Natuna, Hendry FN, Forkopimda, para Kepala OPD, Camat, dan Komunitas Gasing.(Why/Sar)

Editor: Sar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.