Pemkab Natuna Gelar Diklat Keterampilan Pencari Kerja dan Pemandu Wisata

0
221
Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi berikan asuransi BPJS kepada salah satu peserta Diklat. foto (ist)

NATUNA, ACIKEPRI.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Natuna menggelar Diklat keterampilan bagi pencari kerja bahasa Inggris (BI) dan pemandu wisata.

Diklat tersebut dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Natuna, pada Kamis, 3 Oktober 2019 pagi.

Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi sampaikan kata sambutan. foto (ist)

Siswandi mengatakan, Diklat keterampilan ini merupakan sebuah modal dalam mendukung peningkatan sektor pariwisata di Natuna.

“Hadirnya pemandu wisata bentuk kesiapan Pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Siswandi.

Selain itu, dibutuhkan peran serta sinergitas seluruh OPD dalam mendukung peningkatan sektor pariwisata.

Siswandi berharap, peserta pelatihan dapat mengikuti Diklat dengan sungguh-sungguh dan jadikan pendidikan ini sebagai momentum menatap masa depan Natuna.

Peserta Diklat keterampilan bagi pencari kerja bahasa Inggris pemandu wisata. foto (ist)

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Natuna, Hussyaini, menyebut, Diklat ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan para pemandu wisata.

Dikatakannya, bahwa metode yang terapkan adalah pembicaraan sehari-hari dan teknis komunikasi pemandu wisata, tentang wisata (Tourism Conversation).

Hussyaini menerangkan, hingga saat ini sebanyak 249 peserta telah mendapatkan pelatihan dari Disnakertrans Natuna dari berbagai bidang kejuruan pelatihan yang di telah berikan.

Diklat keterampilan bagi pencari kerja bahasa Inggris dan pemandu wisata diikuti 16 peserta terdiri dari wanita 10 orang dan 6 pria, dan narasumber dari kampung Inggris, kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional oleh Pemerintah Pusat.

Hadir dalam Diklat tersebut, para Asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), pengusaha hotel, dan peserta Diklat keterampilan bagi pencari kerja bahasa Inggris dan pemandu wisata Natuna.

SARWANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.